Menu Bar

Alamat : PERUM METRO GRAHA UB 22 JOMBANG - JAWA TIMUR ( Melayani Home Care - Perawatan Luka Modern )

10/24/2017

PENGORGANISASIAN DAN PENGELOLAAN SDM DI BIDANG KEPERAWATAN



PENGORGANISASIAN DAN PENGELOLAAN SDM
DI BIDANG KEPERAWATAN

             Pelayanan Keperawatan  merupakan pelayanan yang diberikan dalam waktu 24 jam dan terus –menerus  . Untuk meningkatkan   kualitas dan kuantitas pelayanan yang baik maka perlunya suatu perencanaan,pengelolaan sumber daya  manusianya secara menyeluruh dan terintegrasi
             Hakekat ketenagaan;  merupakan proses mobilisasi potensi,proses motivasi dan proses pengembangan sumber daya manusia merupkan kepuasan hasili hasil karyanya sehingga menghasilkan ercapainya tujuan organisasi,individu maupun organisasi dan komuniti dimana semua itu dipengaruhi falsafah yang dianut pimpinan keperawatan        

A.Fungsi Manajemen dalam mempersiapkan ketenagaan

1)      Menjamin cukup tersedia tenaga trampil dan profesional untuk memenuhi tujuan organisasi
2)      Berbagai tanggung jawab untuk rekrutmen staf
3)      Merencanakan & menstruktur aktivitas wawancara yang cocok.
4)      Menggunakan tehnik yang meningkatkan validitas & reliabilitas proses wawancara.
5)      Menggunakan tehnik pengetahuan tentang persyaratan wawancara & seleksi untuk menjamin kejujuran organisasi dalam penerimaan tenaga
6)      Mengembangkan kriteria untuk seleksi
7)      Menggunakan pengetahuan tentang kebutuhan organisasi & kemampuan karyawan untuk membuat keputusan penempatan.
8)      Menginterpretasikan informasi yang ada dalam buku pegangan / peraturan karyawan
9)      Berpartisipasi secara aktif dalam orientasi karyawanMenjamin cukup tersedia tenaga trampil dan profesional untuk memenuhi tujuan organisasi.
10)      Berbagai tanggung jawab untuk rekrutan staf.
11)      Merencanakan & menstruktur aktivitas wawancara yang cocok.
12)      Menggunakan tehnik yang meningkatkan validitas & reliabilitas proses wawancara.
13)      Menggunakan tehnik pengetahuan tentang persyaratan wawancara & seleksi untuk menjamin kejujuran organisasi dalam penerimaan tenaga
17)      Mengembangkan kriteria untuk seleksi
18)      Menggunakan pengetahuan tentang kebutuhan organisasi & kemampuan karyawan untuk membuat keputusan penempatan.
19)      Menginterpretasikan informasi yang ada dalam buku pegangan / peraturan karyawan
20)      Berpartisipasi secara aktif dalam orientasi karyawa

B. Tanggung jawab dalam ketenagaan

1)      Menentukan jumlah, dan macam tenaga yang dibutuhkan untuk memenuhi rencana yang terkait dengan keuangan & manajemen asuhan pasien yang dipilih.
2)      Rekrutmen, wawancara, seleksi & penugasan berdasarkan pada jobdesc & standar kinerja yang dibuat.
3)      Menggunakan sumber-sumber organisasi untuk perkenalan / orientasi tenaga baru
4)      Memastikan bahwa setiap karyawan tersosialisasi dengan baik tentang nilai-nilai organisasi & norma unit / bangsal.
5)      Mengembangkan program pendidikan staf yang akan membantu memenuhi tujuan organisasi
6)      Gunakan jadwal yang kreatif & fleksibel berdasarkan kebutuhan asuhan pasien untuk meningkatkan produktifitas & retensi tenaga

 C. Mengumpulkan Data Kepegawaian

INPUT
PROSES
OUTPUT
ü Maksud &    Tujuan
ü  Sasaran
ü  Tabel organisasi
ü  Penilaian kinerja
ü  Deskripsi tugas
ü  Statistik tenaga
ü  Gabungan pekerja
ü  Ketrampilan
ü  Sistem klasifikasi pasien
ü  Ramalan sensus pasien
ü  Rekruitmen
ü  Penilaian
ü  Seleksi
ü  Penerimaan
ü  Orientasi
ü  Penjadwalan
ü  Penugasan
ü  Pengembangan
ü  Mutasi,rotasidan retention ,
ü  Daftar nama karyawan
ü  Daftar gaji
ü  Bagan orientasi
ü  Jadwal tugas kerja / libur
ü  Poster penugasan
ü  Rasio beban kerja / keseimbangan staf
ü  Ketidakhadiran staf secara minimal
ü  Pemanfaatan & pekerja lembur
ü  Calon-calon berkualitas untuk posisi

D. Mengumpulkan data tenaga keperawatan

INPUT
PROSES
OUTPUT
Data dari :
ü  Arsip personalia
ü  Wawancara
ü  Ev. Prestasi
ü  Cat. Konseling
ü  Cat. Kedisiplinan
ü  Kehadiran & pergantian
ü  Cat. Pendidikan
ü  Jabatan yang sama
ü  Lap. kelayakan

Pemrosesan data :
ü  Wawancara
ü  Diskusi dengan pasien
ü  Observasi kerja karyawan
ü  Konsultasi dengan teman sekerja
ü  Perbandingan statistik regional / nasional

Hasil dr pemrosesan data :
ü  Angka senioritas
ü  Latar belakang pendidikan
ü  Latar belakang pengalaman
ü  Bakat keahlian
ü  Cat. Kehadiran & pergantian
ü  Tk. Ketrampilan
ü  Kemampuan sos
ü  Kepekaan +/-



Pengelolaan Ketenagaan ( Gillies)
1)      Klasifikasi pasien
2)      Penetapan kebutuhan staf
3)      Rekrutmen
4)      Seleksi
5)      Orientasi
6)      Penjadwalan
7)      Penugasan
8)      Memperkecil absensi staf
9)      Penurunan pergantian staf
10)  Pengembangan staf

Sedangkan Pengelolaan Ketenagaan Bidang Keperawatan meliputi
1)      Rekrutmen tenaga dan seleksi
2)      Orientasi dan penempatan staf
3)      Pengembangan staf
4)      Promosi, Rotasi, Mutasi
5)      Sistim penugasan
6)      Pengaturan dinas
7)      Penurunan Turn Over Staf
8)      Penilaian kinerja staf

Peran dan fungsi dalam ketenagaan :
1)      Fungsi stafing tahap awal  meliputi:
a.       Rekrutmen
b.      Seleksi
c.       Orientasi dan penempatan
d.      Pengembangan karier
2)      Memenuhi kebutuhan sosialisasi dan kependidikan staf untuk membangun Tim
3)      Kebutuhan Stafing dan kebijakan penjadwalan


to be continue.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar